Penerimaan Peserta Didik Baru Sidoarjo Online

Anindita Alisia Amanda / 5210100162 / MPTI B

Berikut ini akan ditampilkan sebuah contoh dari Proyek Teknologi Informasi yang sudah selesai diimplementasikan. PPDB Online adalah contoh proyek TI yang akan saya bahas di sini.

PPDB Sidoarjo online atau Penerimaan Peserta Didik Baru Sidoarjo Online adalah sebuah website beserta aplikasi-aplikasi yang mendukung jalannya proses penerimaan siswa baru, bagi siswa SMP dan SMA di Kota Sidoarjo. Proyek PPDB ini berjalan selama 5 bulan lamanya, yaitu bulan Februari – Juni 2011. Mungkin, ketika kita melihat proyek ini, kita akan teringat dengan sebuah proyek TI berupa SNMPTN Online. Khususnya, bagi para mahasiswa yang baru memilih universitas-universitas yang akan dimasukinya.

PPDB Sidoarjo Online memiliki stakeholder, yaitu Pemerintah Kota Sidoarjo. Di mana, proyek ini, dilempar oleh Pemerintah ke seseorang bernama Yudhi Purwonanto, (saat itu merupakan Ketua Jurusan Teknik Informatika ITS). Akhirnya, Bapak Yudhi (begitu sapaan akrab beliau) melemparkannya kepada institusi, yaitu ITS. Oleh karena itulah, beliau dalam proyek ini menjabat sebagai Project Manager beserta asisten dan 4 orang dalam timnya yang merupakan mahasiswa Teknik Informatika ITS.

PPDB Sidoarjo Online akan memfasilitasi semua calon SMP dan SMA di Kota Sidoarjo, di mana, mereka dapat menaftar sekolah pilihan mereka, yang akan diproses oleh tim PPDB Online Sidoarjo berdasarkan hasil Nilai UN yang dimiliki oleh calon siswa tersebut. Kecuali untuk SMK, di mana SMK di Sidoarjo akan mengadakan tes interview + psikotest.

Alur dari proyek ini adalah …

  1. Casis (Calon Siswa) mendaftarkan diri dan mengirimkan berkas kepada institusi –> 2. Institusi memberikan data kepada tim web –> 3. Divisi back end melakukan input nilai kepada database –> 4. Divisi database mengolah data –> 5. Divisi front end menampilkan ke dalam website PPDB Online.

Ketika divisi database mengolah data, maka ia akan menentukan, apakah siswa tersebut akan masuk ke dalam kuota dari sekolah tersebut atau tidak. Atau dalam istilah lain, divisi inilah yang akan me-ranking nilai dari casis-casis tersebut. Sehingga sistemnya adalah, ketika casis tersebut tidak masuk ke dalam kuota pilihan pertamanya, maka ia akan masuk ke dalam pilihan selanjutnya. Begitu pula seterusnya.

Proyek ini dalam perkembangannya, telah mengalami beberapa masalah atau kendala, sehingga tim proyek ini harus memikirkan bagaiman solusi terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. Kendalanya antara lain adalah :

1. Karena untuk SMK, mengharuskan casis untuk mengikuti tes psikotest dan tes interview yang telah diselenggarakan oleh masing-masing sekolah, otomatis tim proyek ini harus memiliki hasil psikotes dan interview casis tersebut. Padahal dalam kenyataannya, jadwal untuk kedua tes tersebut tidak dilaksanakan secara serempak. Sehingga, sering kali, ada casis yang belum memiliki nilai psikotes dan interview, karena sekolah yang bersangkutan belum melaksanakan tes nya.

2. Adanya permintaan untuk pengubahan format tanggal.

Seringkali yang terjadi dalam proyek IT semacam ini adalah masalah miss communication. Terlebih, ketika stakeholder tidak benar-benar mengetahui dan mendalami bidang IT. Seringkali, penafsiran dari konsep ke implementasi mengalami perbedaan. Oleh karena itulah, dalam proyek IT yang merupakan jenis package implementation ini, hal yang paling dibutuhkan adalah, sumber daya manusia yang handal  dan telah terjadi penyamaan persepsi dalam menangani proyek ini. Sehingga proyek akan berjalan dengan lancar.

Stakeholder : Pemerintah Kota Sidoarjo

Project Manager : Yudhi Purwonanto (Dosen Teknik Informatika ITS)

Assistant PM  : Jumali (Karyawan Teknik Informatika ITS)

Divisi Database : Agung Rizkianto

Divisi Jaringan / networking  : Lanang Nugraha

Divisi Web – Front end : Rizky Noor Ichwan

Divisi Web – Back end : Sandy K.

Jangka Waktu Proyek : Februari – Juni 2011 (5 bulan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s