Jawa Timur Bukanlah Negara

“Para pemilik kendaraan bermotor yang masih menggunakan plat nomor luar Jatim diminta segera melapor ke Samsat dan melakukan mutasi ke Jatim. Karena minggu depan akan dilakukan sweeping kendaraan nopol luar Jatim.” (situs portal wilayah jawa timur)

Mungkin, bukan hanya saya yang kaget, ketika membaca atau mendengar berita tersebut. Saya yakin, sebagian besar para perantau yang membaca berita tersebut akan ” me-nge-luh”.

Jelas, bagi saya, seorang mahasiswa di tahun kedua yang ber-plat nomor “B”, akan terkena efek galau setelah mendengar berita tersebut. Pasalnya, hal tersebut akan sangat merepotkan saya, ketika suatu saat mobil saya harus di-stop oleh aparat karena tidak ber-plat nomor Jawa Timur.

Oke. Saya tau, alasan dispenda Jawa Timur baik. Karena mengingat sekitar 1,5 juta kendaraan plat nomor luar Jatim yang asyik bersliweran  di kota Surabaya ini. Alasan karena Pemda Jatim tidak mau rugi, karena “kami” (sang ber-plat nomor non-Jatim) ini tidak bayar pajak kendaraan di Jawa Timur.

Menurut saya, kondisi seperti ini bisa memberikan efek negatif kepada Pemerintah Propinsi. Mengapa ? Ya, karena hal ini akan membuat propinsi ini menjadi isolated area. Di mana, membutuhkan spesifikasi khusus bagi mereka yang ingin merantau ke kota ini. Dan tentu saja, hal ini akan membuat masyarakat merasa “malas” untuk beraktivitas di daerah tersebut, khususnya ibukota Propinsi.

Kecuali, ketika Jawa Timur ini berdiri menjadi negara sendiri, mungkin saya bisa maklum mereka melakukan ini.

Bagi saya yang terlanjur “tercebur” di kota ini, saya hanya berharap bisa berargumen logis, bahwa saya tidak perlu mengganti plat nomor mobil saya ini menjadi “L”, atau “S” atau “W” mungkin. Karena saya hanya bersekolah di sini, tidak lebih dari 4 tahun dan saya akan janji akan langsung “cabut” dan balik ke kampung halaman. hehehehe :))

Semoga kebijakan ini tidak hanya menguntungkan satu pihak saja.

Leave a Reply

