inilah yang dapat saya persembahkan untuk saudara, di Aceh…

“saya masih ingat tujuh tahun yang lalu, saya hanyalah seorang gadis yang baru saja menikmati indahnya memakai seragam berwarna putih dan biru. saya masih gadis cupu yang belum tahu apa-apa, karena dalam pikiran saya hanyalah : sekolah dan memiliki seorang adek baru. saya masih merasa tabu dengan istilah-istilah sesar, gelombang lautan, patahan, gempa tektonik hingga…tsunami. tapi yang saya tahu adalah : “manusia adalah makhluk yang harus bisa ber-empati.”

26 Desember 2004, tepat pukul 10.00 pagi waktu Indonesia bagian barat, ibu saya berteriak memanggil seisi rumah. otomatis, saya langsung bergegas menuju ruang televisi, tempat keluarga saya berkumpul. dalam sebuah stasiun televisi swasta, diberitakan bahwa telah terjadi …

“Gempa bumi tektonik berkekuatan 8,5 SR berpusat di Samudra India (2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km (di laut berjarak sekitar 149 km selatan kota Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam). Gempa itu disertai gelombang pasang (Tsunami) yang menyapu beberapa wilayah lepas pantai di Indonesia (Aceh dan Sumatera Utara), Sri Langka, India, Bangladesh, Malaysia, Maladewa dan Thailand. “

subhanallah, berita ini sungguh sangat memilukan. kota banda aceh hancur lebur disapu oleh gelombang pasang yang maha dahsyat. korban jiwa bergelimpangan. dan penderitaan ini ternyata berdampak ke 13 negara lainnya, hingga ke benua Afrika. tanpa sadar saya langsung terduduk lemas…”

dan saat ini, di tahun 2011, tepat 7 tahun setelah peristiwa itu terjadi, saya sudah menjadi seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. dan selama tujuh tahun ini, kenangan saya akan peristiwa itu tidak akan pernah usang dimakan oleh waktu.

inilah salah satu bentuk kepedulian saya untuk saudara-saudara di aceh.. pada malam tahun baru menjelang tahun 2005, saya membawakan puisi persembahan untuk para korban tsunami aceh di acara malam dana peduli tsunami aceh di pendopo kabupaten banjarnegara. saya sangat teringat, pada malam itu, puisi itu membuat bapak bupati banjarnegara menangis tersedu-sedu.

pada tahun 2008, saya mengangkat kisah tsunami aceh dalam sebuah narasi presentasi yang berjudul “tsunami ve aceh” yang dibuat dalam bahasa turki. narasi ini, dikemas dalam sebuah video dengan pengisi suara saya sendiri. sebenarnya, video tersebut akan ditampilkan untuk acara hiburan dalam rangkaian acara International Turkish Olympic yang diselenggarakan di Kharisma Bangsa Indonesian – Turkish School, Jakarta. Namun, karena pertimbangan beberapa pihak atasan yayasan PASIAD , maka video saya itu pun diikutkan dalam kompetisi SUNUM (presentasi dalam bahasa Turki) tingkat Internasional. video itu pun dikirim ke Turki, dan tanpa saya duga, video saya adalah 20 video terbaik dari 115 negara peserta yang mengikuti kompetisi tersebut. dan akhirnya, berangkatlah saya ke negeri Turki. saat itu, saya sedang duduk di bangku SMA kelas sebelas dari SMA Semesta Bilingual Boarding School. Sekolah saya adalah sekolah bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Turki. sehingga sebagian besar culture dan bahasa yang dikembangkan di sekolah ini adalah bahsa dan kebudayaan turki.

 tanpa saya duga, presentasi saya menjadi presentasi favorit yang disukai banyak juri dan penonton dari banyak negara. mungkin, karena kisah yang saya angkat bisa menyentuh hati dan perasaan mereka. tentang bagaimana kuasa Tuhan yang meluluhlantahkan banyak kota dalam sekejap. tentang bagaimana kisah anak manusia yang disadarkan oleh Penciptanya. keberangkatan saya ke turki, bukan semata-mata untuk kepuasan pribadi dan sekolah saya. saya mendapatkan banyak hal dari semua ini.

karena saya berangkat ke turki, untuk membuka mata dunia akan pentingnya arti sebuah : empati.

saya berangkat ke turki, untuk saudara-saudara saya, di Aceh…

 terima kasih untuk saudara-saudaraku di Aceh,

One thought on “inilah yang dapat saya persembahkan untuk saudara, di Aceh…

Leave a Reply

